Skip to main content

Assalamu'alaikum Borneo!

Assalamu'alaikum :D
Lagi-lagi untuk ke sekian kali, "nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan?"
Bertahun - tahun menginginkan menginjakkan kaki di tanah Kalimantan Timur hanya karena ingin ke penangkaran orang utan yang lucu dan selalu tersenyum, Alhamdulillah kemarin pagi sampai di Kalimantan Timur juga :D Many thanks Allah :)

At Sepinggan Airport, Balikpapan
Itu lewat depan Gate IV Pertamina Balikpapan
Pantai di balik sport center Pertamina
Me - Rika - Dito
Meet up with Sean, Uni, Yusti, & Yumna, @Plasa Balikpapan 
Pulau Kalimantan ini tidak hanya menyuguhkan berbagai keindahan dan kemegahan yang kasat mata saja. Berdasarkan cerita dari tuan rumah, Rika dan Ayahnya, jujur saja, aku langsung ingat cerita perjalanan Om Agustinus Wibowo yang beliau tuangkan pada buku Titik Nol. Hampir sama dengan apa yang beliau ceritakan mengenai 'sisi hitam' negara-negara yang beliu kunjungi, yang menurut orang di luar sana memiliki keindahan luar biasa dan mampu memikat banyak wisatawan mancanegara. Di balik itu semua, di sudut yang tak tampak oleh mata, masih banyak kebobrokan di salah satu pulau terbesar di Indonesia ini. Dan dapat aku katakan bahwa pulau ini sedang sakit, Indonesia sedang sakit. Bukan hanya kekayaan alamnya saja yang sedang sakit, penduduknya pun sedang 'sakit'.

Dan aku pun semakin berpikir, apa yang bisa aku lakukan untuk Indonesia? Apa yang akan aku lakukan untuk negeri yang sedang sakit ini? Dan jawaban pertanyaan ini pun juga yang akan menjawab apa yang akan aku lakukan selepas kuliah dan akan jadi ada aku kelak. 


Samarinda, 28 Agustus 2016
09.15 wita
ZIR

Comments