Skip to main content

My Hijab Story

Ini bukan tentang HijUp story-nya Dian Pelangi, Diajeng Lestari, atau kakak-kakak dan tante-tante lainnya. Ini ceritaku dan teman-teman sesama muslimah saat beberapa hari berada di negeri orang.

Seperti yang sudah aku ceritakan di postinganku sebelumnya, aku dan 9 temanku dari ITS mengikuti culture camp di Suranaree University of Technology, Thailand. Tidak hanya dari ITS, terdapat juga beberapa mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Ahamd Dahlan yang mengikuti program ini. Dan Alhamdulillah mayoritas dari kami beragama Islam. Kebetulan juga, Alhamdulillah hampir semuanya memakai kerudung. Dan inilah yang ingin aku ceritakan di postinganku kali ini.


"What is that?" Tanya seorang temanku yang berasal dari Thailand sambil menunjuk kerudung yang aku pakai.

"Is that national costume from Indonesia? "

"Why do you cover your hand like that? "

"You always wear long skirt like that? You can't wear pants as we wear? "

"Please put your outer off" (tunjuk seorang panitia program ini kepada salah satu temanku yang memakai blazer, karena menurut panitia, pakaian yang diberikan oleh panitia untuknya tidak dapat terlihat dari luar, padahal pakaian dari panitia hanya kaos berlengan pendek, tidak mungkin kan temanku melepas blazernya hehe)

"I have a roommate and she's moslem, but she doesn't wear (sambil menunjuk kerudung yang aku pakai) as you wear. She wears short pants and short t-shirt as I wear. How about it?"

Alhamdulillah, senang sekali rasanya bisa menjelaskan kepada orang lain tentang kewajiban kami sebagai muslimah untuk selalu menutup aurat kami, terutama kepada orang-orang yang belum memahami hal ini, bahkan sama sekali tidak memahaminya. Semacam ada kebanggan tersendiri bisa menunjukkan identitas kami sebagai muslimah, sebagai umat Islam, yang sangat menghormati perempuan, dan selalu berusaha melindungi perempuan dengan 'pakaian lengkap' ini. Merasa sangat bersyukur dilahirkan menjadi orang Islam dan dibesarkan di lingkungan yang insya Allah selalu membimbing ke jalan lurus-Nya.

Semoga kita semua selalu istiqomah  menjalankan apa-apa yang disukai dan meninggalkan apa-apa yang tidak disukai Allah SWT yaa, Aamiin :)


Keep educating and inspiring ^^
ZIR

Comments