Skip to main content

Sekilas tentang Islam

Assalamualaikum.Wr.Wb.
hi guys, kali ini aku mau cerita tentang keputrian yang aku ikuti tadi siang. sebenarnya sudah lama aku nggak ikut keputrian, kira-kira sudah setahun aku vacum. ya tahu sendiri lah anak remaja yang masih labil, pengennya main kalau lagi stres, padahal harusnya memperdalam ilmu agama biar hati tenang dan tenteram. tapi akhir-akhir ini aku merasa membutuhkan siraman rohani (wetseh) dan tadi diajak kikik juga, jadi ya aku kembali mengikuti keputrian tadi siang saat yang cowok Sholat Jum'at.

yak, awalnya aku merasa canggung nggak ngerti apa yang akan aku lakukan saat keputrian dan juga penasaran bakal dapet materi apa hari ini. tapi karena mayoritas yang ikut keputrian banyak yang aku kenal, so i was just enjoying it :D

well, majelis dibuka sama aul, terus dilanjutkan pembacaan Al-Quran oleh wina (uenak pek wina ngajinya, aku iri). then, kita didektein 6 soal sama mbak lailatul dan kita harus langsung jawab di selembar kertas selama 2 menit per soal. aku agak bingung jawab soalnya, udah lama nggak belajar agama kayak gini. seingatku soalnya itu:
  • jelaskan definisi dari Agama Islam
  • apa yang kamu ketahui tentang image Islam saat ini
  • menurutmu, seharusnya Islam itu bagaimana
  • apa yang kamu ketahui tentang perang pikiran (ampun aku nggak ngerti yang ini)
  • menurutmu, pergaulan Islami itu yang bagaimana
  • terus satunya aku lupa ._.
setelah ngerjain soal, mbak lailatul mulai mbahas seputar pertanyaan di atas. terus kita ditanya satu per satu "sebenarnya apa sih penyebab umat Islam saat ini memiliki image yang kurang baik?" ada yang jawab karena globalisasi dan modernisasi, ada yang jawab karena kurang memahami Islam, karena kesadarannya tidak ada, karena mudah terpengaruh, karena godaan syaitan =)), dsb. dan sebenarnya semua jawaban benar, tapi yang paling tepat adalah karena umat Islam sendiri yang tidak percaya diri. banyak orang Islam yang malu untuk mengakui bahwa dia Islam, banyak yang Islam KTP, banyak yang tidak PD karena doktrin-doktrin dari orang lain, dsb.

oleh karena itu, kita sebagai umat Islam sebaiknya mempelajari agama kita secara continue, bertahap dan istiqomah, membentuk kepribadian Islamiah, dan menyeluruh. setelah memperoleh ilmu-ilmu tentang Islam, hendaknya kita mengamalkan apa yang sudah kita peroleh. karena ilmu tanpa amal akan ditolak oleh Allah SWT.

semoga kita menjadi orang yang selalu diridhoi-Nya. Amin..
Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Comments