Skip to main content

"It's always been you..."

Nata mengangguk, kemudian kembali berbaring untuk melanjutkan tidur siangnya. Jika seseorang memiliki sesuatu yang ingin dirahasiakan, dia tidak akan memaksa untuk mengetahui apa itu. Lagi pula, dia mengerti, karena dirinya sendiri mempunyai rahasia yang tidak ingin diungkapkannya kepada siapa pun.

And friends come and go,
But people like you are hard to find,
And time just goes to show,
I wouldn't change a thing
I owe it all to you A always know,
How lucky I am to have you here beside me,
So before I go,
I wanna say
thank you, thank you, thank you

"Papa selalu bilang, manusia akan menua, tempat bisa berubah, kita bisa melupakan. Karena itulah kamera digunakan, untuk merekam hal-hal yang tidak dapat diingat manusia dengan sempurna."

"kurasa buat sebagian orang, seni menjadi bagian penting yang sulit dipisahkan dari diri mereka. seni juga merupakan bentuk pelarian, cara untuk melampiaskan emosi. mungkin karena itulah, seni kadang bisa mengubah orang."

"cinta itu nggak memiliki, Nat. semua orang bebas merasakannya, menyimpannya. Tapi, kalau kamu terlalu takut untuk mengakuinya, selamanya kamu bisa terperangkap di dalamnya."

Bulan emas tinggal separuh
Bintang-bintang sangat pemalu
Kau terduduk di sampingku
Aku lantas mencintai bayanganmu
Kau menoleh untuk tersenyum
Hatiku berserakan... lebur dan lepuh

"Mama." Annalise terdiam sejena, ragu untuk menanyakan pertanyaan Nata yang membebani pikirannya belakangan ini. Dia takut mendengar jawabannya, tapi lebih takut lagi menemukan Mama mendadak pergi seperti yang sering dilakukannya. "You're going to stay, aren't you?"

"Segala sesuatu tentang hidup adalah sebuah pilihan, Anna. Bukannya Tante meminta kamu untuk melawan mamamu atau bebas melakukan apa pun yang kamu mau, tapi kadang kita harus berani memilih dan mempertahankan apa yang kita inginkan. Mama banting tulang demi keluarga dan pekerjaan yang dicintainya, kamu pun harus berjuang untuk apa yang penting bagi kamu."
Annalise mengerti, tapi bagaimana jika keduanya adalah hal yang sama-sama berarti baginya?

"..... But you know, life's all about choices. Kita tidak akan tahu jika kita tidak berani menuruti kata hati."

Apa artinya sebuah mimpi? Sesuatu yang diinginkan, sesuatu yang harus dicapai, atau hanya satu fragmen harapan? Apakah semua orang harus memilki mimpi? Bagaimana jika kita tidak memilikinya?

"Nggak banyak orang yang seratus persen yakin sama diri mereka sendiri. Justru orang-oramg yang serius mikirin itulah yang benar-benar dewasa." ..."Mimpi itu bukan deadline, Nik. Bukan sesuatu yang nggak bisa berubah. Bukan sesuatu yang datang dan pergi begitu aja. Nggak usah terlalu stress mikirinnya."

Lo nggak tahu... it's always been you.

"semuanya nggak bisa kembali seperti dulu begitu aja, Na. setiap kali ngeliat Nata, aku ngerasa bersalah karena cuma bisa menjadi seorang sahabat buat dia. setiap kali ngeliat kamu, aku ngerasa udah ngecewain kamu karena aku udah ngembil orang yang kamu sayang. aku nggak bisa cerita mengenai Oliver di depan Nata, nggak bisa curhat mengenai Nata di depan kamu. Kita bertiga jadi penuh dengan kepura-puraan, dan aku nggak bisa terus begitu."

"Gak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini, Kak. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya."

"Yang gue tahu, persahabatan itu nggak memilih. persahabatan bukan didasari oleh gender, usia, motif, atau apa pun itu. persahabatan yang tulus gak harus punya alasan."

"Kita nggak bisa memaksakan perasaan seseorang untuk menyukai kita. yang bisa kita lakukan cuma merelakan, berharap supaya dia bahagia."

Mengapa sangat mudah bagi seseorang untuk mengorbankan cinta demi cita-cita?
Karena cinta tidak ingin bertahan dalam hati dua orang yang tidak menginginkan hal yang sama. Karena jika salah satunya tidak memiliki ruang yang cukup untuk cinta, maka cinta itu akan beranjak pergi.

"We'll always have each other. Kita bertiga."

Tidak ada yang berubah. Mereka masih saling memiliki: dulu, sekarang , dan selamanya.

Plain melodies
Simple guitar chords
Your humming to my songs
Lyrics of the heart
... and the rhymes of the moons
Makes the best night music
Night music
That belongs to you and I



Those are what I like on 'Refrain' by Winna Efendi :)

Comments