Skip to main content

Untukmu yang Belum Mendapatkannya, Senyumin Aja :)

 

Kamu belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah sekian lama? Sedangkan teman-temanmu mulai mencari nafkah ke ibukota negara, pulau seberang, bahkan negara tetangga.
Well, senyumin aja :)
Bisa jadi, Allah sedang menyiapkan tempat kerja yang terbaik untukmu esok hari, bukan kemarin atau hari ini. Tempat yang diberkahi-Nya, yang tidak hanya membuatmu merasakan lelahnya bekerja dari pagi hingga sore hari, tetapi yang juga akan menyuntikkan nutrisi untuk selalu mengingat nikmat Allah yang tiada henti.

Kamu belum bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi sesuai harapanmu? Sedangkan teman-temanmu tengah menimba ilmu di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri.
Well, senyumin aja :)
Bisa jadi, Allah ingin kamu lebih bersabar menunggu sebentar lagi, dan melihatmu berusaha lebih keras untuk mewujudkan mimpimu melanjutkan studi di tempat impianmu. Tempat di mana kamu tidak perlu membuat orang tuamu bekerja memaksakan diri dan berhutang ke sana kemari untuk membiayai kebutuhanmu.

Kamu belum melanjutkan hidupmu dengan merantau ke kota lain, pulau lain, atau negara lain? Sedangkan teman-temanmu tidak bermain-main di kampus lagi, tidak tinggal serumah dengan orang tua mereka lagi.
Well, senyumin aja :)
Bisa jadi, Allah ingin kamu menunjukkan bakti yang tulus kepada orang tuamu dengan membiarkanmu lebih lama berada di rumah bersama mereka. Sekian tahun telah kamu gunakan untuk memuaskan egomu sendiri. Inilah salah satu waktu yang baik untuk menunjukkan rasa sayangmu kepada mereka berdua. 

Kamu belum mendapatkan jodoh yang kamu idamkan saat memasuki usia kepala dua plus plus? Sedangkan beberapa temanmu sudah menyebarkan undangan pernikahan mereka, bahkan ada yang telah menjalani rumah tangga yang indah bersama suami/istrinya dan sebentar lagi akan menjadi ayah/ibu bagi anaknya.
Well, senyumin aja :)
Bisa jadi, Allah ingin kamu lebih memantaskan diri di hadapan-Nya. Lebih memperdalam ilmu-ilmu-Nya. Lebih dulu menikah bukan berarti menjadikan rumah tanggamu lebih sakinah mawaddah warahmah. Karena menikah bukanlah ajang perlombaan yang lebih dulu siapa atau terakhir siapa. Percayalah bahwa Allah pasti akan mengirimkan pangeran berkuda yang gagah atau putri yang cantik jelita kepadamu di waktu yang terbaik menurut-Nya. Bukankah perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula? 


“Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.” 
– Umar bin Khattab.

Semoga dengan mengingat perkataan Umar bin Khattab tersebut, hatimu bisa lebih tenang. Selalu percaya bahwa Allah tidak akan membuatmu terlalu lama bersedih. Hanya ingin melihatmu lebih bersabar, berikhtiar, dan mendekat kepada-Nya. Hingga sesuatu yang terbaik untukmu dan hanya untukmu akan menghampirimu di waktu, tempat, dan kondisi yang tepat, lagi-lagi menurut-Nya. Jadi, senyumin aja :)


Keep educating and inspiring ^^
ZIR

Comments