Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin..
Tadi malam berkesempatan mengikuti online
sharing Chitchat Bareng Apika (kegiatan
online sharing yang diadakan oleh KakApik melalui bisnis @gerai.apika-nya) dengan tema “Menjadi Muslimah Produktif”
melalui WhatsApp. Online sharing ini
dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dengan pembahasan “Manajemen Waktu” yang dilaksanakan
tadi malam, dan sesi kedua akan dilaksanakan nanti malam. Nah, berhubung
menurut saya pembahasannya bagus dan berhasil mengingatkan para peserta,
termasuk diri saya sendiri, akan pentingnya memanajemen waktu dengan baik, so, saya post di blog juga ya. Selain
sebagai pengingat saya jika suatu hari saya kalap
dengan berbagai kesibukan, semoga bisa menjadi pengingat teman-teman pembaca
juga agar bisa lebih memanfaatkan waktu yang dititipkan Allah sebaik mungkin.
# MANAJEMEN WAKTU
By Annisa Rizkaninghadi Imansari
Mahasiswi S2 di Universitas Brawijaya, bekerja sebagai auditor, dan
menjadi Ketua Komunitas @katalispendidikan (salah satu komunitas aktif di Kota
Malang)
Sumber: www.emqies.com |
✔Apa keberkahan waktu?
Waktu adalah titipan tanggung jawab dari Allah SWT. Waktu yang Allah
SWT titipkan kepada kita merupakan berkah, dan kita tidak ada yang mengetahui
sampai kapan waktu ini akan diberikan kepada kita (sebelum kita dipanggilNya). Maka
terdapat 3 pertanyaan penting terkait waktu, yakni kegiatan, kewajiban dan
larangan (sesuai yang ada di PPT, bisa di-download
di link intip.in/ManajemenWaktu). Jika kita belum bisa menjawab 3 hal tersebut, mari pahami lagi
bahwa waktu yang kita miliki hanya sebentar, maka manfaatkanlah dengan
sebaik-baik manfaat.
Jika masih banyak kegiatan yang mendatangkan mudhorot atau tidak mendatangkan manfaat bagi kita maupun orang
lain, sebaiknya kurangilah kegiatan itu. Mungkin permasalahan waktu yang sering
terjadi adalah dihabiskan untuk scrolling
gadget, katanya sih supaya bisa update informasi, kepo masalah teman, temannya teman, temannya temannya teman, artis
idaman, atau olshop-olshop yang juga
punya update-an stock barang,
sehingga kita lupa bahwa selain scrolling-scrolling
hal tersebut, kita juga bisa scrolling-scrolling
dakwah baik di Instagram maupun Youtube dan media lain. Sempatkan saja
setidaknya sehari sekali untuk melihat kajian-kajian yang ada, supaya tidak
hanya informasi dunia yang kita update
tapi juga bekal akhiratnya hehe.
✔✔Pentingkah
dan apa manfaat manajemen waktu?
Tentu saja penting, sehingga kita bisa menyelesaikan apa yang menjadi
tanggung jawab kita baik tanggung jawab kepada Allah SWT maupun kepada sesama
manusia. Manajemen waktu bisa membuat kita merasa nyaman dalam menjalani
aktivitas, karena tidak ada hal yang “nyangkut” dan “nagih” kita nantinya,
sehingga kita tidak mendzolimi diri sendiri, maksudnya kita tidak memaksakan
tubuh kita dan membuatnya terlalu lelah disuatu waktu, karena kita sudah
menyelesaikan tanggung jawab kita di hari sebelum ada tanggung jawab baru lagi.
✔✔✔Bagaimana
menentukan skala prioritas?
Menurut saya, memilih melakukan kewajiban sebagai manusia di sisi
Allah SWT adalah hal pertama yang seharusnya tidak kita tunda-tunda termasuk
sholat lima waktu dan memilih melakukan kegiatan yang memberikan syafa’at kepada orang banyak juga
menjadi pilihan utama, supaya hidup terasa berkah sesuai seperti apa yang
dicontohkan Nabi Muhammad SAW.
✔✔✔✔Apa
saja tips manajemen waktu?
Seperti yang saya paparkan di PPT bahwa ada 5 tips utama dalam
memanajemen waktu, yakni:
(1) Membuat prioritas, mana
yang harus didahulukan dan yang bisa diakhirkan;
(2) Membuat note yang fleksibel dibawa
kemana-mana;
(3) Catat segala hal yang
harus dilakukan kedepannya, seperti tugas tertentu yang harus dikumpulkan
tanggal ini, atau rapat, atau pertemuan dengan orang lain;
(4) Buat dateline untuk diri sendiri, sehingga menjadi target bagi kita,
kalau bisa buat hukuman tertentu untuk diri kita jika tidak melaksanakan target
tersebut, misalnya mengurangi jadwal lihat film dsb;
(5) Kerjakan sekarang
selagi kita bisa dan mampu
Kunci utama dari manajemen waktu:
1. Ingat bahwa belum tentu nanti,
atau besok kita masih sanggup melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab kita.
2. Ingat lagi bahwa bisa jadi
nanti, atau besok ada tambahan tugas dan tanggung jawab yang datang pada kita.
3. Ingat lagi bahwa jika kita tepat
waktu dan sesuai jadwal, kita
akan membahagiakan diri kita sendiri dan orang lain.
Dan yang paling penting adalah utamakan
tanggung jawab kita sebagai manusia di sisi Allah SWT :)
Banyak-banyak bersyukur..
Kurangi mengeluh..
Banyak-banyak istighfar..
Supaya hati yang tidak tenang bisa lebih rileks lagi setelah mengingat
bahwa Allah selalu bersama kita :)))
Keep educating and inspiring ^^
ZIR
Comments
Post a Comment