Skip to main content

Chitchat Bareng Apika #Sesi1 - Manajemen Waktu

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin..
Tadi malam berkesempatan mengikuti online sharing Chitchat Bareng Apika (kegiatan online sharing yang diadakan oleh KakApik melalui bisnis @gerai.apika-nya) dengan tema “Menjadi Muslimah Produktif” melalui WhatsApp. Online sharing ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dengan pembahasan “Manajemen Waktu” yang dilaksanakan tadi malam, dan sesi kedua akan dilaksanakan nanti malam. Nah, berhubung menurut saya pembahasannya bagus dan berhasil mengingatkan para peserta, termasuk diri saya sendiri, akan pentingnya memanajemen waktu dengan baik, so, saya post di blog juga ya. Selain sebagai pengingat saya jika suatu hari saya kalap dengan berbagai kesibukan, semoga bisa menjadi pengingat teman-teman pembaca juga agar bisa lebih memanfaatkan waktu yang dititipkan Allah sebaik mungkin.


# MANAJEMEN WAKTU
By Annisa Rizkaninghadi Imansari
Mahasiswi S2 di Universitas Brawijaya, bekerja sebagai auditor, dan menjadi Ketua Komunitas @katalispendidikan (salah satu komunitas aktif di Kota Malang)

Sumber: www.emqies.com

Apa keberkahan waktu?
Waktu adalah titipan tanggung jawab dari Allah SWT. Waktu yang Allah SWT titipkan kepada kita merupakan berkah, dan kita tidak ada yang mengetahui sampai kapan waktu ini akan diberikan kepada kita (sebelum kita dipanggilNya). Maka terdapat 3 pertanyaan penting terkait waktu, yakni kegiatan, kewajiban dan larangan (sesuai yang ada di PPT, bisa di-download di link intip.in/ManajemenWaktu). Jika kita belum bisa menjawab 3 hal tersebut, mari pahami lagi bahwa waktu yang kita miliki hanya sebentar, maka manfaatkanlah dengan sebaik-baik manfaat.

Jika masih banyak kegiatan yang mendatangkan mudhorot atau tidak mendatangkan manfaat bagi kita maupun orang lain, sebaiknya kurangilah kegiatan itu. Mungkin permasalahan waktu yang sering terjadi adalah dihabiskan untuk scrolling gadget, katanya sih supaya bisa update informasi, kepo masalah teman, temannya teman, temannya temannya teman, artis idaman, atau olshop-olshop yang juga punya update-an stock barang, sehingga kita lupa bahwa selain scrolling-scrolling hal tersebut, kita juga bisa scrolling-scrolling dakwah baik di Instagram maupun Youtube dan media lain. Sempatkan saja setidaknya sehari sekali untuk melihat kajian-kajian yang ada, supaya tidak hanya informasi dunia yang kita update tapi juga bekal akhiratnya hehe.

✔✔Pentingkah dan apa manfaat manajemen waktu?
Tentu saja penting, sehingga kita bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab kita baik tanggung jawab kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia. Manajemen waktu bisa membuat kita merasa nyaman dalam menjalani aktivitas, karena tidak ada hal yang “nyangkut” dan “nagih” kita nantinya, sehingga kita tidak mendzolimi diri sendiri, maksudnya kita tidak memaksakan tubuh kita dan membuatnya terlalu lelah disuatu waktu, karena kita sudah menyelesaikan tanggung jawab kita di hari sebelum ada tanggung jawab baru lagi.

✔✔✔Bagaimana menentukan skala prioritas?
Menurut saya, memilih melakukan kewajiban sebagai manusia di sisi Allah SWT adalah hal pertama yang seharusnya tidak kita tunda-tunda termasuk sholat lima waktu dan memilih melakukan kegiatan yang memberikan syafa’at kepada orang banyak juga menjadi pilihan utama, supaya hidup terasa berkah sesuai seperti apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

✔✔✔✔Apa saja tips manajemen waktu?
Seperti yang saya paparkan di PPT bahwa ada 5 tips utama dalam memanajemen waktu, yakni:
(1) Membuat prioritas, mana yang harus didahulukan dan yang bisa diakhirkan;
(2) Membuat note yang fleksibel dibawa kemana-mana;
(3) Catat segala hal yang harus dilakukan kedepannya, seperti tugas tertentu yang harus dikumpulkan tanggal ini, atau rapat, atau pertemuan dengan orang lain;
(4) Buat dateline untuk diri sendiri, sehingga menjadi target bagi kita, kalau bisa buat hukuman tertentu untuk diri kita jika tidak melaksanakan target tersebut, misalnya mengurangi jadwal lihat film dsb;
(5) Kerjakan sekarang selagi kita bisa dan mampu

Kunci utama dari manajemen waktu:
1. Ingat bahwa belum tentu nanti, atau besok kita masih sanggup melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab kita.
2. Ingat lagi bahwa bisa jadi nanti, atau besok ada tambahan tugas dan tanggung jawab yang datang pada kita.
3. Ingat lagi bahwa jika kita tepat waktu dan sesuai jadwal, kita akan membahagiakan diri kita sendiri dan orang lain.

Dan yang paling penting adalah utamakan tanggung jawab kita sebagai manusia di sisi Allah SWT :)
Banyak-banyak bersyukur..
Kurangi mengeluh..
Banyak-banyak istighfar..
Supaya hati yang tidak tenang bisa lebih rileks lagi setelah mengingat bahwa Allah selalu bersama kita :)))


Keep educating and inspiring ^^
ZIR

Comments