Skip to main content

Cerita di dalam Gerbong Kereta

Assalamualaikum..
Alhamdulillah kemarin mamaku dateng njenguk aku, karena besok Insya Allah aku mau UNAS. Ya meskipun ayah dan adek ndak bisa dateng juga, tapi Alhamdulillah seneng pol pas mama kemarin ke sini, kami cerita banyaaak banget, saling diskusi, dan mama ngasih banyak nasihat. 

Salah satu cerita yang paling jleb itu pas mama lagi perjalanan di kereta. Kebetulan mama duduk sebelahan sama seorang ibu yang ternyata dulu pernah tinggal satu perumahan sama keluargaku tapi beda gang, namanya Bu Santoso. Beliau bersama seorang anak laki-lakinya yang masih kelas 3 SD. Bu Santoso mau njenguk anak perempuannya yang sekarang kuliah di FISIP UNAIR. Katanya mama nama anaknya Anisa, setahun di atasku gitu, tapi aku lupa yang mana, wong dulu pas masih jaman sd. Mama masih inget, dulu mbak Anisa model gitu di Pasuruan. Katanya mama, kira-kira 2 tahun lalu abinya mbak Anisa meninggal, terus mereka sekeluarga pindah ke Sidoarjo ke rumah neneknya. Kasian gitu, katanya mama, Bu Santoso sama Mbak Anisa kayak kacau gitu pas Pak Santoso meninggal. Sampek katanya pas itu mbak Anisa ndak mau sekolah. Terus kepala sekolahnya sampek mohon-mohon biar mau masuk sekolah lagi, soalnya mbak Anisa itu pinter, dan dia ikut program Jennesys yang ke Jepang itu. 
Oiya ternyata adeknya mbak Anisa itu punya indigo. Katanya pas sebulan sebelum abinya meninggal, adeknya itu tanya ke mamanya, "Kalau abi meninggal gimana ma?" "Hus, jangan bilang gitu dek, doain aja abimu sehat, panjang umur". Terus seminggu sebelum abinya meninggal, adeknya nggambar sesuatu gitu, terus tanya ke mamanya lagi dengan pertanyaan yang sama. Nah pas hari meniggalnya, abinya kan lagi kerja. Gara-gara makan rujak atau apa gitu terus muntah-muntah, terus dibawa ke rumah sakit sekitar jam 2 siang gitu. Kan mamanya ngajak mbak Anisa sama adeknya njenguk abinya ke rumah sakit, tapi adeknya ndak mau ikut. Katanya, "abi di bawa 2 orang, yang satu orang ambulans, yang satunya ndak tau siapa". Ya Allah, apa mungkin yang satunya itu malaikat Izrail? Terus sekitar jam 5an abinya meninggal. Beberapa hari setelah abinya meninggal itu, adeknya bilang, "Ma, abi di sana seneng banget. Abi ada temennya, perempuan cantiiik banget pakai kerudung, tapi kerudungnya lebih bagus dari punya mama". Subhanallah antara speechless dan pengen ketawa.

Pas diceritain mama, aku jadi takut sendiri. Takut kalau salah satu dari orang tuaku dipanggil oleh-Nya. Astagfirullahaladzim.. Semoga Allah memberi kesehatan dan panjang umur kepada kami semua. Amiin..

Comments