Skip to main content

Memberi Pinjaman kepada Allah

Beberapa hari yang lalu, aku membaca arti Surah Al-Muzzammil ayat 20 berikut:
...maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagian balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya....

Nah, ada kalimat "berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik". Karena tidak mengerti maksudnya, aku tanya Mbak Atin yang lebih expert. Kata Mbak Atin, insya Allah maksudnya seperti ini:

"Sebenarnya Allah Maha Kaya, tidak memerlukan hambanya, apalagi pinjaman. Menurutku, pinjaman di sini artinya kita membantu sesama - memberi sesama umat. Nah, dengan kita membantu / memberi hamba Allah lain sesuai dengan jalan Allah, itu artinya kita sudah melakukan kebaikan yang bisa diumpamakan Allah meminjami kita suatu kesempatan untuk berbuat baik. Dengan kesempatan yang diberikan itu, sudah sepatutnya kita memberikan yang terbaik. Pengertian kesempatan kan tidak mungkin terjadi 2 kali dalam kesempatan yang sama. Maka mumpung diberi pinjaman kesempatan dari Allah, berikan yang terbaik. 
Yang namanya pinjaman, pasti suatu saat dikembalikan, apalagi memberi pinjaman kepada Allah, Allah pasti akan mengembalikannya / membalasnya. Nah, jika kita memberi pinjaman kepada Allah dalam bentuk kebaikan, insya Allah, Allah akan mengembalikannya kepada kita dengan kebaikan pula, tentu dengan cara-Nya yang tak pernah kita duga. Subhanallah."

Selain itu, aku juga menanyakan hal ini pada Pakdeku. Beliau menjelaskan bahwa memberi pinjaman yang baik pada Allah itu maksudnya menginfakkan harta kita di jalan Allah. 

Ayo kita memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik, dengan niat ikhlas karena 'Allah suka' :D

Comments