Skip to main content

Ujian Hidup

Kehidupan. Nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap manusia. Sesuatu yang mendorong kita untuk berpikir tentang usaha apa yang sebaiknya kita lakukan agar selalu berada di jalan lurus-Nya. Sesuatu yang menggerakakan kita untuk bisa bertahan dan menghadapi ujian-ujian dari-Nya. Ya, kehidupan kita tidak lepas dari masalah. So, dibutuhakan usaha lebih atau perjuangan dalam menjalanai hidup, menghadapi ujian-ujian dari Sang Pencipta. Kesabaran dan keikhlasan juga dibutuhkan untuk menyejukkan hati saat kita merasa jenuh menjalaninya. Mencoba meredam amarah, rasa kesal dan lelah, akan membuat kita lebih bersemangat untuk menyelesaikan ujian-ujian dari-Nya. 

"Allah tidak akan menguji kita di luar kemampuan yang kita miliki". I think that's right. But, Allah akan menguji kita secara bertahap. Awalnya kita diuji dengan masalah-masalah yang sederhana. Siapa yang berhasil menghadapi ujiannya, berarti dia menang, dia lulus pada ujian tahap pertama. Lalu, Allah meningkatkan level ujian kita. Bisa saja Allah memberikan ujian yang lebih berat kepada kita. Dan jika kita berhasil menghadapi ujian pada level ini, berarti kita lulus dan berhak mengikuti ujian tahap selanjutnya. Begitu seterusnya. 

Allah menguji kita itu bukan berarti Dia tidak sayang kepada kita. Remember it, "When Allah desires good for someone, He tries them with hardship". Allah menguji kita untuk melihat apakah kita mampu menyelesaikan ujian dari-Nya, apakah kita berhak mendapatkan reward dari usaha-usaha kita dalam menghadapi ujian-Nya untuk mendapatkan limited edition ticket yaitu berada di sisi-Nya?

Jika kita bisa mengahadapi ujian-ujian sederhana dari Allah, Insya Allah kita akan bisa menghadapi ujian-ujian yang lebih berat . Dengan begitu kita menjadi semakin dewasa dalam berpikir dan bertingkah laku, selama kita menghadapinya dengan perjuangan, semangat, sabar, ikhlas, dan sesuai dengan jalan yang diridhai-Nya.  

Comments