Skip to main content

Saat Kenyataan Tak Sesuai Harapan

Terkadang kenyataan tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan. Seringkali pula kita mengeluh dengan keadaan-keadaan seperti itu. Termasuk aku ini. Akhir-akhir ini, serasa termakan omongan sendiri, termakan quotes yang aku berikan kepada teman-temanku di saat kenyataan yang dihadapi tak sesuai keinginan. 

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - Q.S. Al-Baqarah ayat 216. 

Harusnya aku (kita) bersyukur sama Allah, harusnya.. Kok bisa? Ya karena saat kenyataan yang kita hadapi tidak sesuai dengan keinginan kita, berarti Allah punya rencana lain, Allah punya kehendak lain yang sangat sangat kita butuhkan, bukan hanya kita inginkan. Meskipun kita awalnya merasa bahwa hal itu malah akan merugikan kita, toh ujung-ujungnya kalau kita jalani dengan baik, dengan maksimal, insya Allah kita akan menyadari bahwa ada suatu hikmah tersendiri di balik kehendak Allah tersebut. Dan yang pasti hal itu merupakan kebaikan untuk diri kita.

Selain itu, harusnya kita bersyukur lagi. Berhadapan dengan kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginan kita, berarti Allah sedang menguji kita, menguji banyak hal pada diri kita. Dengan diuji seperti itu, berarti Allah itu sayang sama kita, Allah menaikkan level ujian kita. Kita bisa ndak menyelesaikan ujian dari Allah tsb? Kita bisa sabar ndak dengan dihadapkan keadaan seperti itu? kita bisa ikhlas ndak? bisa menghadapinya dengan baik dan yakin bahwa memang itu kehendak Allah untuk kebaikan kita ndak? masih bakal ingat Allah terus ndak? atau malah kita makin jauh dari Allah saat dihadapkan keadaan seperti itu? 

Bismillah ya, semoga kita semua bisa selalu menerima dengan ikhlas, tidak mengeluh, dan akan selalu menjalankan semuanya dengan baik dan sesuai dengan jalan Allah meskipun dalam keadaan-keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Semoga kita juga selalu lulus menghadapi ujian-ujian dari Allah dalam bentuk apa pun dan mengambil hikmah untuk kebaikan kita semua. Amin..

Keep our 'light' alive and full of spirit! Innallaha ma'anaa :)

Comments